Lagu Kidung mengalun dengan indah.. Sementara itu biola, keyboard, jimbe dan gitar yang dimainkan siswa-siswi SMP Pangudi Luhur Wedi mengalun dengan indah. Para hadirin perayaan Natal di Hotel Grand Tjokro terkagum dan larut dalam keindahan musik itu. Tentu itu menghadirkan kebanggaan tersendiri.

Di sela-sela kegiatannya menimba ilmu, siswa-siswi SMP Pangudi Luhur Wedi itu giat berlatih untuk tampil dalam acara perayaan Natal keluarga kepolisian di Klaten. Sebanyak 4 lagu disajikan di awal bulan Januari lalu.

Bermusik merupakan kegiatan seni yang selain mengasah jiwa juga memberikan penghiburan bagi diri sendiri.   Seni itu sendiri mengandung keindahan. Dan tentu betapa datarnya hidup ini tanpa seni. Karena seni itulah, manusia mengalami kebahagiaan. 

Dengan demikian sekolah semestinya tidak hanya menggiring anak-anaknya hanya berlogika menggapai kemampuan intelektualitas semata. Namun, sekolah juga semestinya menyentuh kecerdasan lainnya yang dimiliki siswanya demi keutuhan manusia. Bukan hanya pikiran, perasaan dan rohaninya pun diasah. 
Kecerdasan tidak hanya di otak saja. Tidak semua orang bisa menjadi Einstein.


Kecerdasan manusia sangat beragam. Howard Gardner mengatakan paling tidak manusia memiliki 8 kecerdasan yakni kecerdasan linguistik, kecerdasan spasial, kecerdasan matematis, kecerdasan kinestetis, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan naturalis. 

Semuanya adalah penting. Maka, tidak baik jika sekolah hanya memperhatikan aspek matematis saja, sementara yang lain diabaikan. 

Ibaratnya, masing-masing manusia memiliki harta karunnya sendiri. Kalau semua itu dikembangkan tentu akan menjadi modal yang bagus dalam mengembangkan diri dalam sejarah hidupnya. Sekolah semestinya mampu mengembangkan hal itu pada anak didiknya, bukan memenjarakannya pada ruang intelektual semata.

Kegiatan bermusik anak-anak SMP Pangudi Luhur Wedi sebenarnya adalah upaya mengembangkan manusia yang utuh. Bukan hanya intelektual saja yang diasah melainkan, sisi perasaan juga harus diasah. Bermusik bersama adalah kegiatan melatih perasaan dan berelasi, bekerja sama antar individu. Bermusik juga latihan menyelaraskan diri dengan yang lainnya supaya tidak menonjolkan diri. 

Maka, kegiatan SMP Pangudi Luhur Wedi yang juga mengajak anak didiknya untuk bisa bermusik patut diberi apresiasi sungguh-sungguh dan patut didukung.

Post a Comment

Kesan/Pesan